Kronologi Penggusuran

Rabu, Oktober 31, 2007

Jumat (26-10): Asisten II Pemkot Bandar Lampung Prayitno memastikan penggusuran kios dan lapak PKL Bambu Kuning pada hari Selasa (30-10).


Sabtu (27-10): Ketua Aliansi PKL Tanjungkarang, Agus Pranata Siregar memastikan sekitar 1.500 PKL dan keluarganya akan melakukan demo ke Kantor Wali Kota Bandar Lampung.

Senin (29-10): PKL demo sekitar pukul 9.00. Namun, aksi mereka terhenti di Jalan dr. Susilo dan tidak bisa menemui Wali Kota dan pejabat daerah lain guna menyampaikan aspirasi penolakan penataan PKL. Sekitar pukul 14.00, setelah mendapat informasi kepastian penggusuran hari Selasa (30-10), seluruh PKL mengosongkan lapak dan kios dan membawa pulang barang dagangan ke rumah masing-masing. Kegiatan itu berlangsung sampai kemarin subuh. Bahkan, ada PKL yang menginap di kios dan lapak.

Selasa (30-10):
  • Sekitar pukul 06.00, PKL menyiapkan diri mengadang Tim Penertiban yang dikawal sekitar 400 aparat TNI/Polri yang akan melakukan penggusuran.
  • Saat yang bersamaan, Tim Penertiban PKL menggelar apel kesiapan penggusuran di halaman Kantor Wali Kota Bandar Lampung.
  • Sekitar pukul 07.30, Tim Penertiban tiba di lokasi dan PKL melakukan orasi penolakan dan mengadang tim penertiban yang membawa alat berat.
  • Pukul 07.35, Dinas Pasar mengumumkan agar PKL segera meninggalkan kios dan lapak, karena akan segera dibongkar. Tim Penertiban memberikan waktu 15 menit.
  • Pukul 07.50, tukang yang dipersiapan untuk membongkar kios melakukan aksinya. Namun, mendapat tentangan dari PKL.
  • Pukul 08.00, Tim Penertiban menurunkan ekskavator guna menggusur lapak di Jalan Bukit Tinggi dan Jalan Batusangkar. Sekalipun PKL coba menghalangi, usaha mereka sia-sia. Eksavator dengan leluasa menghancurkan kios-kios PKL. Sempat terjadi aksi dorong dan saling pukul antara PKL dan aparat keamanan.
  • Sekitar pukul 10.20, pembongkaran kios sempat terhenti, karena eksavator mengalami kerusakan mesin.
  • Sekitar pukul 10.50, eksavator bantuan datang, dan secara bersama-sama melakukan penggusuran di lingkar cincin Plaza Bambu Kuning. Pembongkaran kios dan lapak PKL di lingkar cincin Bambu Kuning, PKL hanya pasra menyaksikan semua bangunan yang dirobohkan.Sekitar pukul 15.00, seluruh kios dan lapak sudah rata dengan tanah.

Sumber : Lampung Post

Tidak ada komentar: